Minggu, 05 Desember 2010

Bisnis MLM pulsa

Dulu aku pernah mengikuti bisnis MLM pulsa
Awalnya karena diajak teman dekat
Semula aku terus terang tidak percaya tanpa melakukan apa-apa hanya mengisi pulsa untuk handphone sendiri bisa dapat komisi 150.000 ribu sebulan
Karena teman dekat bahkan boleh dibilang sahabat tidak mungkinlah ia berbohong
Apalagi ia memperlihatkan transferan hasil komisi di bank yang benar-benar ada
Makin percayalah aku
Akhirnya dengan berbagai pertimbangan makin kuputuskan untuk mengikuti bisnis ini
Bisnis MLM pulsa ini membutuhkan modal 1.400.000 dengan cash back berisi pulsa senilai 400.000
Logikanya bisnis ini akan balik modal : 1400000-400000/150.000 = 7 bln
Awalnya semuanya lancar saja karena aku selalu dapat komisi setiap bulan
Bahkan aku pernah dapat komisi 700.000 sebulan
Karena itu aku berniat mengikutkan istriku dalam bisnis ini
Tapi lama kelamaan komisi menurun menjadi 100.000 sebulan
Bahkan setelah itu tidak ada sama sekali
Dalam bisnis ini kalau dihitung sebenarnya aku tidak rugi malah untung sampai berhenti komisinya
Tapi dari pengalaman ini aku mendapat pelajaran bahwa dalam menilai suatu bisnis ada 2 cara yang bisa ditinjau:
Pertama informasi bisnis darimana kita peroleh? Kita bisa menilai sesuatu informasi berdasarkan kedekatan hubungan dengan kita apakah itu teman, sahabat dan saudara yang benar-benar kita kenal karena kredibilitas pemberi informasi akan menentukan valid tidaknya suatu informasi.
Kedua sistem bisnis yang dijalankan harus logis. Oleh karena itu sebelum kita bisa mengetahui bahwa sistem yang dijalankan benar-benar masuk akal  saya sarankan mengetahui lebih detil sebelum mengikuti suatu bisnis MLM ataupun lainnya. Ini penting untuk mengetahui kelangsungan bisnis ini dalam jangka panjang walaupun dalam jangka pendek memberi hasil yang kita inginkan.
Mungkin anda punya pengalaman juga seperti saya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar